Senin, 19 Juli 2010

Liu Gajah Kecil yang Panik


Penulis : Saeno M Abdi
Penerbit : Ganeca Exact, 2007
Tebal : 50 hlm

Teman-teman di Perpustakaan Reading Corner ada buku berjudul Liu. Buku ini adalah Buku Pengayaan, Seri Bahasa Indonesia. Buku yang menjadi salah satu koleksi Perpustakaan Reading Corner ECCD-RC Jalan DI Panjaitan 70 Jogja ini adalah merupakan satu dari 74 buku lainnya yang merupakan hibah Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olah Raga DIY tahun 2009. Taman-teman dapat meminjam buku lainnya jika meluangkan waktu mengunjungi Perpustakaan Reading Corner yang dibuka 08.00 – 13.00 WIB diselingi istirahat siang 12.30-13.30.
Liu dalam buku ini dikisahkan sedang bermimpi, karena ada sebuah tugas yang belum diselesaikannya, maka ia terpikir hingga terbawa dalam tidur. Tentu apabila ada tugas belum selesai, anak yang bertanggung jawab belum dapat tenang apabila belum usai dalam penyelesaiannya. Bahkan dapat terbawa dalam mimpi. Hal ini disebabkan kerja otak kita dalam mengingat sesuatu. Penulis cukup cerdik menyusun cerita fabel ini sehingga kita tak sadar bahwa lembar terakhir hampir habis terbaca. Ilustrasi yang digambarkan pun cukup sederhana dan mewakili pikiran kita terhadap tafsir cerita yang disampaikan.
Cerita Liu dan Rebby serta Ketty merupakan cerita persahabatan dan keseharian dalam bermain. Ada juga tokoh Birdy dan petualangan seru yang membuat pertemanan Liu menjadi berarti karena kebersamaan. Lebih lengkapnya seperti apa ya cerita Liu?Apabila teman-teman telah membaca buku ini, jangan lupa ceritakan ulang pada yang lain ya! (Mei Rahmat, Pustakawan ECCD-RC Jogja)

Powered By Blogger
Template by layout4all