Senin, 15 Februari 2010

Pentingnya Sarapan

Murni Setiyasih / Dimuat di Harian Jogja

Sarapan bagi sebagian orang dianggap sebagai hal yang sepele. Berbagai macam alasan, mulai dari bangun kesiangan sehingga tidak sempat menyiapkan, malas, tidak terbiasa sarapan jadi kalau sarapan bikin mual. Padahal sarapan pagi sangat penting untuk semua orang, terlebih si kecil yang sedang dalam masa tumbuh kembang.
Kenapa penting?

Anak butuh energi yang banyak
Anak cenderung aktif. Mereka suka melakukan berbagai aktivitas fisik yang membutuhkan banyak energi seperti berlari, mamanjat, melompat, naik sepeda. Apabila pagi hari anak tidak sarapan, maka energi yang dimiliki anak tidak maksimal. Akibatnya anak menjadi lemas, kurang bertenaga.


Mengoptimalkan tumbuh kembang anak
Anak usia dini sedang dalam masa tumbuh kembang, dimana mereka membutuhkan asupan gizi seimbang dan lengkap. Gizi yang masuk diperoleh dari makanan sehari-hari.

Mempengaruhi daya tangkap
Anak yang tidak sempat sarapan pagi atau sarapan paginya terlalu banyak dapat mempengaruhi daya tangkap anak. Kebanyakan makan, terutama yang mengandung karbohidrat membuat anak menjadi mengantuk. Sementara perut lapar membuat anak gelisah dan susah untuk berkonsentrasi


Memang tidak mudah untuk mulai melakukan aktivitas sarapan pagi, bagi yang belum terbiasa. Namun, memgingat pentingnya manfaat sarapan pagi, seyogyanya, orang tua dapat mulai membiasakan diri. Berikut ini ada beberapa tips yang dapat dilakukan agar dapat menyiapkan sarapan pagi buat keluarga, dan tentunya sarapan pagi yang menyenangkan

Bangun lebih pagi
Bangun pagi selain membuat badan lebih segar dan sehat, juga membuat kita punya waktu lebih panjang untuk mencek dan menyiapkan pekerjaan kantor, bagi ibu yang bekerja, juga dapat digunakan untuk menyiapkan sarapan bagi keluarga.

Siapkan malam sebelumnya
Malam hari sebelum tidur, ibu dapat menyiapkan menu sarapan esok hari. Jika memungkinkan bumbubumbu dan bahan dapat diracik malam itu juga, kemudian disimpan di kulkas bagi yang punya. Esok hari tinggal dimasak. Jika ibu-ibu susah bangun pagi atau jarak rumah dengan tempat kerja cukup jauh, cara ini akan sangat membantu, karena tidak perlu terburu-buru. Dalam menyiapkan sarapan pagi.

Praktis dan bergizi lengkap
Menu makan pagi dapat dipilih yang praktis dalam pengolahannya namun tetap memperhatikan kandungan gizi yang ada dalam makanan. Misalnya membuat nasi goreng sayuran. Ibu dapat memasukkan berbagai sayuran yang disukai keluarga mislanya wortel, buncis, kacang polong, juga jangan lupa proteinnya mislanya dengan menambah udang, ayam, atau telur.

Bervariasi dan menarik
Supaya anak tidak bosan setiap hari makan makanan yang sama, maka menu yang kita sediakan diusahakan bervariasi dan menarik penyajiannya.

Makan bersama
Makan bersama akan menambah nikmat. Dengan makan bersama, anak juga akan belajar. Misalnya belajar makan sambil duduk, karena semua anggota keluarga makan sambil duduk.

Jadwal makan tetap
Jika anak dibiasakan makan jam 7 pagi, maka setiap jam 7 pagi anak harus sarapan. Dengan demikian anak tahu, rutinitas hariannya.

Powered By Blogger
Template by layout4all