Senin, 15 Februari 2010

Melindungi Anak Dari Bahaya Kemasan Makanan

Ardhian Heveanthara / Dimuat di Harian Jogja

Melindungi anak dari kemasan makanan sama pentingnya dengan memilih makanan sehat bagi anak karena makanan sehat bisa menjadi terkontaminasi racun jika berada dalam kemasan yang tidak sehat. Racun yang tercampur dari kemasan makanan memang tidak akan memiliki efek langsung tetapi efek bahaya jangka panjang akan sangat berpotensi mengganggu keseimbangan selama tumbuh kembang anak-anak. Organ-organ tubuh anak masih sangat lemah dan kemampuan imun atau kekebalan tubuhnya belum mampu sepenuhnya melawan racun, akibatnya racun ini akan terbawa selama masa pertumbuhannya.

Ada banyak bahan pembuat kemasan makanan yang berbahaya, sayangnya bahan berbahaya ini sering kita jumpai sebagai kemasan makanan-makanan jajanan yang sering dikonsumsi oleh anak-anak. Antara lain bahan-bahan berikut;

- Kertas bekas koran atau majalah, bahan ini sering dipakai membungkus jajanan dan makanan gorengan, banyak penjual makanan pinggir jalan bahkan di kantin sekolah menggunakan kertas koran sebagai pembungkus makanan. Padahal bahan ini mengandun logam berat timbal yang melebihi batas aman yang bisa meracuni ginjal, hati, otak, saraf dan tulang. Timbal pada kertas mudah berpindah jika bersentuhan langsung dengan makanan, apalagi makanan panas, mengandung minyak atau berlemak.
- Kantong plastik kresek, secara umum plastik tidak tahan panas dan dapat menjadi penyebab kanker serta dapat mengurangi sistem kekebalan tubuh. Jangan dipakai untuk membungkus makanan berminyak dan suhu panas, karena zat-zat kimia plastik mudah terurai dalam lemak dan panas dan ikut menempel pada makanan. Untuk kantong plastik hitam lebih berbahaya lagi karena sebagian besar merupakan daur ulang yang bisa jadi dulunya adalah plastik bekas pembungkus benda-benda kotor, petisida, sampah dll.
- PET, botol plastik yang berbahan PET dapat diketahui dari logo bergambar angka satu didalam segitiga, logo ini bisa dilihat di bagian bawah botol. PET sering digunakan sebagai botol minuman air mineral, jus botolan, minyak goreng, kecap dll. Plastik jenis ini hanya untuk sekali pakai, bahan ini menjadi memiliki potensi bahaya jika digunakan berulang-ulang.
- Styrofoam, banyak dipakai untuk kemasan barang2 elektronik, bahan ini sebenarnya bukan diperuntukkan membungkus makanan. Namun ternyata banyak penjual makanan menggunakannya untuk mengemas makanan siap saji, nasi, spagheti dll. Bahan styrofoam tidak tahan suhu tinggi, sehingga dapat menyebabkan perpindahan zat kimia ke dalam makanan yang bisa mengganggu fungsi reproduksi dan menyebabkan kanker.
- Melamin, bahan ini biasa dipakai dalam alat alat rumah tangga, seperti piring, gelas, mangkuk bahkan botol susu bayi. Meskipun tidak semuanya berbahaya namun ada beberapa produk berbahan melamin yang mengandung bahan formalin yang memicu timbulnya penyakit berbahaya selama proses pertumbuhan anak.

Untuk melindungi anak-anak dari resiko bahaya kemasan makanan kita bisa melakukan hal berkut :
- Jika membeli makanan di pinggir jalan sebaiknya membawa tempat sendiri.
- Jangan menggunakan lagi botol bekas air mineral sebagai tempat bekal minum anak-anak, sekalipun botol itu masih tampak bersih.
- Jika tidak yakin apakah bahan botol susu anak kita benar-benar tebuat dari bahan yang aman, maka sebaiknya tidak langsung membuat adukan susu panas langsung dalam di botol, tetapi buatlah adukan susu panas di gelas kaca, setelah hangat, baru masukkan ke botol.
- Berikan pemahaman pada anak dengan bahasa yang sederhana agar anak tidak terbiasa jajan di sekolah dan selalu membawakan bekal makanan ke sekolah adalah salah satu upaya bijak dalam melindungi kesehatan anak.
- Sedikit demi sedikit kenalkan anak tentang efek buruk kemasan-kemasan makanan yang berbahaya dan penyakit penyakit yang timbul kemudian. ini sebagai upaya preventif agar anak juga bisa menjaga dirinya sendiri.
Bagaimanapun mencegah terjandinya hal buruk selalu lebih baik sebelum terlambat, terlebih hal itu menyangkut pertumbuhan anak-anak.

Powered By Blogger
Template by layout4all